Langsung ke konten utama

Gua Maria Sendangsono

Dikutip dari wikipedia, Gua Maria Sendangsono adalah tempat ziarah Katolik yang terletak di Desa Banjaroyo, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, DIY. Gua Maria Sendangsono dikelola oleh Paroki St Maria Lourdes di Promasan, barat laut Yogyakarta.

Kompleks ziarah Sendangsono berada beberapa kilometer dari jalan raya, masuk ke jalan yang lebih kecil dengan kondisi naik-turun yang cukup terjal dan sedikit rusak di beberapa titik, namun masih dapat dilalui oleh kendaraan roda empat.

Memasuki jalan menuju lokasi, sepanjang kiri kanan jalan terhampar kios-kios penjual cindera mata dan barang-barang rohani. Peziarah dapat membeli lilin, jerigen atau botol berbentuk patung Bunda Maria untuk menyimpan air Sendangsono.

Komplek ziarah Sendangsono luasnya hampir 1 hektar. Dari pintu gerbang masuk, peziarah dapat menemukan rute jalan salib besar. Jalan salib besar ini berawal di gereja yang berada di bawah kompleks ziarah Sendangsono. peziarah yang ingin mengunjungi gereja tersebut dapat mengakses jalan yang terletak beberapa ratus meter sebelum lokasi parkir Sendangsono dengan mengikuti petunjuk jalan yang ada. Dari gereja inilah asal jalan salib lama tersebut. Jarak tempuh jalan salib ini sekitar 1 kilometer.

Di sebelah kanan dibangun rute jalan salib baru yang lebih kecil dalam arti jarak satu perhentian ke perhentian lain sangat pendek hanya beberapa langkah saja. Diorama-diorama kisah sengsara Yesus Kristus berbentuk kecil saja dan dinaungi semacam atap.

Di akhir jalan salib, peziarah akan memasuki pelataran yang di area tengahnya, pada bagian bawah, terdapat keran-keran air untuk mengambil air dari mata air Sendangsono, yang dialirkan dari sebelah atasnya, yaitu titik sumber mata air berbentuk seperti sumur yang ditutup.

Setiap hari tempat ziarah ini selalu ada peziarah yang datang untuk berdoa. dan selalu ramai di bulan Maria yaitu Mei dan Oktober. Tempatnya sejuk, luas dan hening.




Komentar