Langsung ke konten utama

Blog adalah sebuah aset investasi.

Kenapa demikian? Jawabannya panjang, heheh. Karena tidak hanya usaha atau perusahaan besar saja yang memiliki aset investasi. Sebuah blog yang dibuat dan dikelola oleh perorangan pun dapat dikatakan sebagai sebuah aset investasi. Ya walaupun dalam skala yang kecil, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menjadi blog situs besar jika dikelola dengan benar dan konsisten.

Dalam usaha apapun tidak ada yang mudah. Sesulit bertahan hidup ketika ditinggal kekasih,, hhh ya engga? Pasang surut usaha sering kali menguji konsistensi mengelola blog. Ketidak konsistenan membuat blog tidak terurus dan perlahan kehilangan pengunjung, tidak dirayapi oleh mesin pencari dan akhirnya tidak ada pengunjung. Tidak ada pengunjung maka nilai aset dari sebuah blog adalah 0.

Sebuah blog dapat dikategorikan sebagai aset karena blog bisa memiliki harga. Harga tersebut bervariasi dan dilihat dari berbagai hal. Misal adalah jumlah artikel didalam blog, jumlah pengunjung perhari, jumlah total pengunjung, jenis blog, tema bahasan blog, umur blog, penghasilan dari blog semisal dari iklan maupun menjual barang dan jasa, dan lain-lain. Dari beberapa contoh ini dapat dinilai sebuah blog dan menentukan harganya yang sesuai.

Sebuah aset dapat dikelola maupun dilelang sehingga menghasilkan nilai tambah. Jika sedang butuh uang tentu blog dapat dijual karena banyak yang membeli lelangan blog. Dan jika blog menghasilkan maka dapat terus dikembangkan dan dikelola sehingga semakin menghasilkan. Bekerja didepan layar sama dengan bekerja didunia nyata. Usaha tidak akan menghianati hasil.

Komentar